Selasa, 07 November 2023

PENGARUH KARIES GIGI TERHADAP KEJADIAN ENDOKARDITIS

WASPADAI ENDOKARDITIS, AKIBAT DARI KARIES GIGI!


Tahukah kalian bahwa karies gigi dapat menyebabkan infeksi pada katup jantung yang disebut endokarditis?

Jadi, karies gigi dan endokarditis adalah dua masalah kesehatan yang terkait melalui perantara infeksi bakteri. Endokarditis adalah suatu infeksi endokardium yang melibatkan katup jantung, cacat septum, atau mural endokardium. Endokarditis akut kebanyakan disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri tersebut juga merupakan salah satu bakteri yang menyebabkan penyakit periodontal dan karang gigi.  Sedangkan, endokarditis subakut disebabkan oleh bakteri Streptococus viridans. Bakteri tersebut bakteri anaerob utama penyebab infeksi odontogen. Infeksi odontogen merupakan infeksi yang terjadi pada jaringan gigi yang awalnya bersumber dari kerusakan jaringan keras gigi atau jaringan penyangga gigi.


Bakteri yang ditemukan pada plak gigi merupakan salah satu faktor penyebab endokarditis. Bakteri di lubang gigi maupun gusi yang rusak dapat masuk ke dalam sirkulasi darah lewat gusi yang berdarah. Bakteri ini dapat dengan mudah menyerang katup jantung maupun otot jantung yang telah lemah. Gejalanya berupa demam, bising jantung, perdarahan di bawah kulit, bahkan embolisasi (penyumbatan) pembuluh darah kecil di organ-organ tubuh lainnya.


Menurut Kinane (2016) dalam Arlandi (2021), penyakit jaringan penyangga gigi erat kaitannya dengan infeksi terutama pada kardiovaskular dikarenakan banyaknya bakteri di jaringan penyangga gigi. Pada endokarditis dapat dijumpai tanda tanda imun dengan fibrinogen perifer dan jumlah sel darah putih yang dapat disebabkan oleh karies gigi.


Patogenesis terjadinya endokarditis dimulai dari masuknya mikroorganisme pada plak gigi ke dalam aliran darah dan menempel menetap pada katup atau endotel yang rusak dan berproliferasi sehingga menyebabkan kerusakan lokal yang akhirnya menyebar secara hematogen. Kerusakan endotel pada jantung akan menyebabkan terjadinya depo fibrin-trombosit spontan yang dikenal dengan Non Bacterial Thrombotic Endocarditis (NBTE).


Penelitian lain oleh F. Carinci dkk (2018) dalam Arlandi (2021) menyatakan bahwa salah satu penyebab kasus endokarditis yaitu tidak baiknya higenitas gigi dan mulut sehingga menimbulkan karies gigi. Penelitian ini menyarankan bahwa peningkatkan kebersihan mulut dan mengurangi atau menghilangkan radang gusi dapat mengurangi kejadian bakteremia. 


sumber: www.canva.com


Terdapat beberapa cara dalam peningkatan kebersihan mulut yaitu dengan menyikat gigi agar tidak timbul penyakit periodontal dan karies.


Nah, itu dia sedikit penjelasan mengenai pengaruh karies gigi terhadap kejadian terjadinya endokarditis. Semoga healthies selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut agar terhindar dari penyakit yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. See you....



Referensi:

Pedersen, Gordon W. 1996. Buku Ajar Praktis: Bedah Mulut. Jakarta: BGC. Hal 104 [online] available at: https://www.google.co.id/books/edition/Buku_Ajar_Praktis_Bedah_Mulut/NPCqsocSnlAC?hl=id&gbpv=1&dq=penyakit+endokarditis&pg=PA104&printsec=frontcover


Arlandi, C. B. (2021). HUBUNGAN KARIES GIGI DENGAN KEJADIAN ENDOKARDITIS. Jurnal Medika Hutama3(01 Oktober), 1685-1688. [online] available at: https://jurnalmedikahutama.com/index.php/JMH/article/view/342 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROFIL PUSKESMAS KARANGMALANG SEMARANG

PUSKESMAS KARANGMALANG sumber: googlemaps.puskesmaskarangmalang Puskesmas adalah unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang b...